Iqbal, Salah Seorang Santri Nurul Huda

0
2429

Beritalangitan.com – Empat tahun yang lalu Iqbal menginjakan kaki pertama kali di Pondok Pesantren Nurul Huda yang beralamat di Dusun Bantar Caringin RT 23/11 Desa Ciharalang Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis yang dipimpin oleh Kyai Mukhsin.

Awalnya  dunia pesantren bukan pilihan dalam hidupnya, cita cita sebelumnuya Ia ingin menjadi pemain sepakbola profesional ,kesungguhan keinginan itu ia  wujudkan untuk daftar menjadi pemain sepak bola di sekolah bola yang bertempat di Ragunan dan berhasil diterima.

Namun tidak mendapat restu dari keluarga terutama sang ibu menjadi penghalang terwujudnya cita – cita untuk menjadi seorang pemain sepakbola profesional, dengan itulah akhirnya ia mengurungkan  niatnya.

Keinginan yang kuat Sang ibu untuk terus menerus memaksa anaknya agar  menjadi santri di Ponpes Salafi Nurul Huda seakan tak pernah pudar oleh pengaruh jaman, hasrat kukuh yg dimiliki sang ibu ternyata dapat mempengaruhi keinginan semula anaknya.

Akhirnya demi membahagiakan hati sang ibu selepas sekolah di SMK Bumi Ayu tempat ia mengenyam ilmu pendidikan formal Iqbal dengan berat hati  datang ke pesantren .

Awalnya beradaptasi dengan lingkungan pesantren terasa kesulitan, karena budaya kehidupan diluar terasa sangat kontras sekali, namun seiring waktu terus berpacu, lingkungan pesantren menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan,bahkan Iqbal mengungkapkan penyesalannya , kenapa hal itu tidak dilakukan untuk  masuk pondok pesatren sejak lulus Sekolah Dasar saja paparnya.

Empat tahun sudah lamanya beradaptasi dengan kehidupan pesantren membuat banyak hal yg ia dapat,bukan hanya sekedar ilmu,tapi pengalaman hidup dalam sebuah kebersamaan menjadi sasuatu yg sangat berarti dalam hidupnya.

Hidup survival yang diajarkan di pondok pesantren menjadi bekal berharga dalam menjalani hidup yang penuh dengan tantangan, bagaimana tidak dengan perbekalan 3 liter beras dan 10 ribu rupiah harus bisa bertahan hidup selama1 minggu.

Tinggal sisa waktu setahun lagi Iqbal  akan menuntut ilmu diponpes Salafi nurul Huda….pungkas kata ia berkata mudah – mudahan jadi santri yang berhasil yang sesuai harapan sang ibu yaitu menjadi anak yang soleh…

Mendengar cerita proses perjalanan hidup Iqbal yang cukup menarik untuk dijadikan ibroh adalah kuatnya keinginan seorang Ibu untuk mendapatkan anak yang Shaleh, walau sebelumnya dipandang sebelah mata , karena dianggap tidak memberikan ruang untuk memeilih jalan hidupnya. ( team beritalangitan.com )

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.