KH. Tata Miftahudin : “Lulusan Pondok Pesantren itu Sudah Siap Pakai”

0
2173
KH. Tata Miftahudin Pimipinan Pondok Pesantren Al Mukhtariyah - Bandung Barat

Bandung, 24/12 (beritalangitan.com) – Salah satu Pesantren tertua di Kabupaten Bandung Barat adalah Pondok Pesantren Al Mukhtariyah yang sudah berdiri sejak tahun 1928 pada masa penjajahan kolonial belanda dan masih terus dan berkembang hingga kini. Pondok pesantren ini dirintis oleh KH. Mukhtar bin KH. Ismail (alm) dan penerusnya saat ini adalah generasi keempat atau cicit dan buyutnya.

Salah satu buyut KH. Mukhtar (alm) yang kini mengurus pondok pesantren ini adalah adalah KH. Tata Miftahudin yang saat ini memimpin pondok pesantren Al Mukhtariyah. KH. Tata Miftahudin ini merupakan putra bungsu dari Hj. Sofiah binti  Hj. Maemunah bin KH. Mukhtar (alm).

Pondok pesantren yang sudah berdiri sebelum masa kemerdekaan ini pernah mengalami berbagai intimidasi dari pihak penjajah baik Belanda maupun Jepang, begitupun masa – masa sulitnya peralihan kekuasaan dan pemberontakan pernah dialami dan sangat berpengaruh terhadap pasang surutnya dunia pesantren saat itu.

Berkat perjuangan panjangnya hingga sekarang ini, pondok pesantren Al Mukhtariyah kini menjelma menjadi lembaga pendidikan yang menerapkan system pendidikan kholafiyah dan salafiyah dibawah naungan yayasan pondok pesantren Al Mukhtariyah yang  sudah memiliki madrasah diniyah awaliyah (MDA), madrasah diniyah wusto’ (MDW), madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA), serta Majlis Taklim.

Majelis Taklim, Masjd dan Madrasah Aliyah Al Mukhtariyah
Majelis Taklim, Masjd dan Madrasah Aliyah Al Mukhtariyah

Ketika disinggung mengenai menurunnya minat masyarakat terhadap dunia pesantren, Kyai Tata mengatakan “bahwa santri lulusan pesantren hasilnya akan berbeda dengan lulusan sekolah formal ketika diterjunkan dimasyarakat, karena lulusan pesantren itu sudah siap pakai”. Selain memiliki kepribadian yang baik juga memiliki ilmu agama yang sangat berguna ditengah-tengah masyarakat, pungkas KH. Tata Miftahudin kepada tim lipsus pesantren beritalangitan.com. (tim lipsus pesantren beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.