Kyai Hilman Yahya Fauzi, di usia tuanya masih “berjuang fiisabilillah sendirian”

3
3590
Kyai Hilman Yahya Fauzi Pimpinan Pondok Pesantren Al Hidayah

Bandung Barat, 23/12 (Beritalangitan.com) – Pada Lipsus Pesantren kali ini, tim berkunjung ke pondok pesantren Al Hidayah Cihampelas – Bandung Barat, tepatnya di Kampung Pasar Rt. 05 Rw. 02 Desa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas. Pondok pesantren yang memiliki lebih dari lima puluh santri ini berdiri sejak tahun 1986  dan dipimpin oleh Kyai Hilman Yahya Fauzi (63).

Pondok Pesantren Al Hidayah
Pondok Pesantren Al Hidayah

Kyai Hilman Yahya Fauzi pria kelahiran Gunung Halu – Bandung Barat ini awalnya adalah guru pesantren Kholafi Nurul Falah Cihampelas. Tetapi atas permintaan masyarakat ia diminta untuk menjadi guru madrasah yang kemudian berkembang menjadi pondok pesantren yang diberi nama Al Hidayah hingga saat ini.

Ditemui tim lipsus pesantren beritalangitan.com dikediamannya, Kyai Hilman menuturkan bahwa untuk menyanggupi permintaan masyarakat itu awalnya ia ragu dan merasa berat, tetapi dengan berbekal tekad “lillahi ta’aala” (ikhlas- red) Kyai Hilman menjalaninya dengan tekun dan penuh kesabaran, Alhasil dari awalnya hanya sebuah madrasah kecil kini Al Hidayah menjadi sebuah pesantren yang cukup besar.

Kyai Hilman menyadari betul bahwa sebuah pesantren harus melahirkan kader-kader santri yang berkualitas, tetapi sayangnya dua dari tiga anaknya sudah menikah dan menetap di daerah lain, sedangkan satu lagi masih menuntut ilmu, dirinya terus berjuang keras mempersiapkan kader-kader santri yang suatu saat akan melanjutkan perjuangannya di pesantren ini.

Saat ini Kyai berusia lebih dari setengah abad ini harus mengajar seluruh santri sendirian, karena memang ia belum memiliki tenaga pembantu yang bisa mewakili kendati sudah ada beberapa santri senior yang membantunya, namun Kyai tangguh ini tetap tabah meski kadang dirinya mengajar sambil sakit dan butuh istirahat, tetapi niatnya berjuang di jalan Allah tak pernah kendur, sehingga dalam kondisi apapun sang Kyai tetap istiqomah melaksanakan kewajibannya mendidik para santri. (tim lipsus pesantren beritalangitan.com) 

3 KOMENTAR

  1. Walaikum’salam…. terimakasih sebelumnya kepada pembaca, dan juga kebetulan sebagai santri di pesantren Al-Hidayah, sebelumnya dalam hal penayangan berita ini kami redaksi beritalngitan.com dalam menjalankan program liputan khusus pondok pesantren sebelumnya kami terlebih dahulu telah melayangkan surat ijin liputan pada tanggal 16 desember 2015 oleh crew kami kepada kiyai atau pimpinan pondok pesantren Al-Hidayah dan surat diterima maka dengan diterimanya surat izin liputan tersebut dianggap izin publikasi.

    Dalam hal ini kami telah memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang berlaku, adapun apabila ada kekurangan dalam isi pemberitaan kami mohon maaf, dan beberapa hari telah diperbaiki.

  2. Walaikum’salam…. terimakasih sebelumnya kepada pembaca, dan juga kebetulan sebagai santri di pesantren Al-Hidayah, sebelumnya dalam hal penayangan berita ini kami redaksi beritalngitan.com dalam menjalankan program liputan khusus pondok pesantren sebelumnya kami terlebih dahulu telah melayangkan surat ijin liputan pada tanggal 16 desember 2015 oleh crew kami kepada kiyai atau pimpinan pondok pesantren Al-Hidayah dan surat diterima maka dengan diterimanya surat izin liputan tersebut dianggap izin publikasi.

    Dalam hal ini kami telah memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang berlaku, adapun apabila ada kekurangan dalam isi pemberitaan kami mohon maaf, dan beberapa hari telah diperbaiki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.