Kyai Nanang Ilyas Salim Mengajak Para Ulama Tetap Istiqomah

0
1430
Kyai Nanang Ilyas Salim

Beritalangitan.com – Salah satu pondok pesantren salafy yang berada di Dusun Babakan Rt.07 Rw.15 Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa barat adalah Pondok Pesantren Jamiyyatul Khoer di bawah kepemimpinan  Kyai Nanang Ilyas Salim, telah memiliki jejak perjuangkan mencerdasan umat melalui pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren dari sejak tahun 1985 dengan jumlah santri sebanyak 150 orang.

Telah banyak alumni dari ponpes ini mukim atau mendirikan kembali ponpes di berbagai daerah,seperti di beberapa desa di Kecamatan Cipaku, di Pangandaran, di Bogor, di Tasik dan beberapa daerah lainnya. Mereka bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa ini membangun dan mencerdaskan bangsa Indonesia.

Dalam kurun waktu 30 tahun Kyai Nanang Ilyas Salim membimbing masyarakat Cipaku dan sekitarnya, hasilnya tidak hanya berdiri  pondok pesantren saja, tetapi juga telah mampu membangun sebuah Masjid jamie, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, dan Madrasah Diniyyah. Dengan mewakafkan kepemilikannya untuk kepentingan pendidikan umat.

kyai8

Sosok Kyai kharismatik ini adalah jebolan dari beberapa pondok pesantren, diantaranya beliau pernah mondok di Pesantren Sukahideng Sukamanah, di Ponpes Sodong Tasik, Ponpes Cibalong, Ponpes Miftahul Falah Cicadas.

Menurut Kyai Nanang, berkembangnya ponpes Jamiyyatul Khoer  ini memperoleh daya dukung dari ruhul jihad masyarakat, tetapi disesalkan tidak pernah memperoleh bantuan dari pemerintah, bahkan menurutnya hal ini dirasakan bahwa ponpes salafiyah terutama yang berada di daerah-daerah kurang memperoleh perhatian dari pemerintah.

Dengan bermodalkan optimisme dan yakin akan pertolongan Allah Kyai Nanang bekerja keras bersama-sama warga masyarakat sekitarnya membangun pesantren, mesjid, diniyyah dan Paud dengan penuh sabar menapaki waktu dengan berbagai suka dukanya.

kyai9

Untuk kedepannya Kyai Nanang merencanakan untuk tetap konsisten memajukan pendidikan melalui ponpes salafy dengan meraih santri dari kalangan masyarakat duafa dan masakin, berharap kelak dapat melahirkan kader-kader ulama salaf yang saatnya siap memimpin bangsa ini baik dengan dukungan pemerintah ataupun tidak.

Dalam statemen yang ditujukan kepada seluruh umat islam yang berda di indonesia khususnya dan umat islam sedunia umumnya Kyai Nanang ilyas Salim menyampaikan “agar kiranya seluruh umat islam terutama para pimpinan pondok pesantren,para kyai,para ulama,para ustad kiranya dapat bersama-sama istiqomah melanjutkan perjuangan islam, dan menjadikan pesantren sebagai pencetak kader ulama. Dan tetap konsisten dalam menjalankan tugas Illahi mengembalikan manusia hanya menyembah Allah semata”.

kyai11

Uswah yang dapat kita petik dan dapat dijadikan motivasi bagi seluruh pelaku pendidikan terutama para ustadz, para ulama dan siapapun yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk berjihad membangun agama Allah adalah sikap konsisten atau istiqomah,memiliki sikap kemandirian dan tetap optimis terhadap pertolongan Allah. (Team Beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.