Misbah Ayubi Santri Ponpes Azzainiyyah Sukabumi : “Dengan Memahami Al Hikam Saya Ingin Merubah Masyarakat Menjadi Berakhlak Islami”

0
2590
Misbah Ayubi (29) Santri Pondok Pesantren Azzainiyyah Nagrog - Sukabumi

Sukabumi , 18/4 (Beritalangitan.com)  –  Memulai perjalanan liputan khusus Pesantren di zona tiga Priangan Barat tepatnya di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, tim lipsus beritalangitan.com mengunjungi Pondok Pesantren Azzainiyyah yang didirikan oleh KH. Zezen Zainal Abidin Zayadi Bazul Asyhab (Alm). Sepeninggal almarhum sekitar enam bulan lalu pondok Pesantren yang memiliki dua sistem pendidikan salafi dan kholafi ini kini dilanjutkan oleh penerusnya yaitu KH. Aang Abdullah Zein.

Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti
Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti
Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti
Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti
Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti
Santri Ponpes Azzainiyyah sedang melakukan kerja bakti

Ditengah – tengah kesibukan para santri yang sedang mempersiapkan manaqib akbar yang biasa rutin dilaksanakan di pesantren ini, tim berbincang dengan salah seorang santri senior, ia adalah wakil Rois sekaligus tenaga pengajar di Pondok Pesantren Azzainiah ini yaitu Misbah Ayubi (29) yang berasal dari Ranca Goong Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.

Tidak mudah menjaga kekonsistenan sebuah cita-cita, sedikit orang yang mampu menggapainya. Misbah Ayubi adalah satu dari sedikit orang yang mampu menjaga kekonsistenan cita-cita itu. Berawal dari kekagumannya akan keilmuan sosok KH. Zezen ZA Bazul Asyhab (Alm) dengan ceramah dan tausiah yang selalu didengarnya dari pengajian rutin Kyai Zezen (Alm) di daerah tempat tinggalnya, disamping juga atas dorongan orang tuanya yang ingin menjadikan anaknya soleh dan kesadarannya melihat keadaan jaman yang semakin tidak beraturan jauh dari syariat Islam menjadi motivasi tersendiri  bagi Misbah utuk masuk ke Pesantren Azzainiyyah ini pada tahun 2003 lalu.

“Dari Memahami tausiahnya KH. Zezen (Alm) saya jadi mempunyai cita-cita ingin masuk pesantren, memahami ilmu agama lebih dalam seperti pengkajian Al Hikam, ilmu tasawuf, ilmu alat, ilmu jihad, ilmu tarekat dan ilmu – ilmu agama lainnya”, ungkap Misbah. “Setelah memahami semua ilmu yang diperoleh di Pesantren, saya akan kembali ke kampung halaman dan mengamalkannya ke tengah-tengah masyarakat dan ingin merubah akhlak masyarakat yang penuh dengan kemaksiatan menjadi berakhlak Islami, lebih jauhnya saya ingin mendirikan pesantren atau majelis ta’lim dimasyarakat”, lanjut Misbah memaparkan kisahnya masuk ke Pesantren Azzainiyyah.

Sudah 12 tahun Misbah mondok di Pesantren Azzainiyyah ini, tidak lama lagi sekitar bulan depan ia akan melaksanakan pernikahan dan tidak lama setelah itu ia akan mengakhiri masa mondoknya dan kembali kemasyarakat untuk mengamalkan semua Ilmu yang telah didapatnya di Pesantren Azzainiyyah untuk mewujudkan cita-cita mulianya merubah akhlak masyarakat menjadi manusia berakhlak Islami. (Tim lipsus pesantren beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.