Pentingya Iman dibandingkan Amal Shaleh

0
776
Oleh : Ahmad Sopyan*

Beritalangitan.com – 1 (satu) dari 1000 (seribu) ayat waad (janji) yang allah tulis dalam alquran, Menurut Ibnu Abas salah satunya adalah janji yang allah tulis dalam Surat Al-Maidah ayat 9,  yang isi dari ayat tersebut adalah janji yang akan allah berikan kepada orang yang beriman dan beramal shaleh yaitu janji surga.

Ayat Al-quran yang terbagi menjadi beberapa bagian salah satunya adalah terbagi menjadi 1000 ayat janji-janji allah kepada mahluknya, ayat Al-Maidah ini adalah salah satu ayat dari seribu ayat janji Allah,

Allah berjanji untuk setiap orang yang beriman dan beramal shaleh akan mendapatkan ampunan dan pahala yang berlimpah, ampunan Allah berikan kepada mereka dan Allah siapkan pula surga untuk mereka dan allah sangan memperiotaskan semua itu untuk mereka.

Menurut ilmu Bayan/Maani ayat 9 surat Al-maidah Allah mengutamkan Iman kemudian di susul dengan Amal Shaleh, Sebab yang akan menyelamatkan kita dari siksaan api neraka adalah iman yang terdapat didalam diri kita, apakah kita bisa membawa iman kita meskipun tanpa amal shaleh? karena tetap jaminannya adalah surga, tetapi kalau kita banyak berbuat amal shaleh tapi tidak ada iman di dalam diri kita balasannya adalah neraka.

Begitu pentingnya iman di dalam diri kita , seperti kisah paman Kanjeng Nabi yaitu Abu Thalib.

Abu Thalib adalah orang yang paling membela Kanjeng Nabi didalam kondisi dan situasi apapun, bahkan Rajanya kafir Abu Jahal kalau ingin mencelakakan Nabi orang yang pertama paling dia takuti adalah Abu Thalib itu sendiri, karena abu Thalib adalah salah satu tokoh besar pada zaman itu. Begitu banyak amal shaleh yang dilakukan Abu Thalib kepada Nabi tapi ironisnya Abu Thalib itu Kafir , dia tidak mau membacakan Dua kalimah Syahdat, dia bersikukuh menjaga agama Nenek Moyangnya , meskipun begitu banyak amal shaleh yang di lakukan Abu Thalib karena dia tidak mau beriman maka balasan yang dia dapatkan adalah Neraka.

Imanlah yang akan menyelamatkan kita nanti, maka pantaslah Allah mengutamakan iman dibandingkan amal shaleh, lain cerita dengan kisah seorang manusia yang keturunan Bani israi’l yang selama hidupnya berbuat dosa, bahkan tidak ada satupun perbuatan dosa yang tidak pernah dia lakukan, tetapi pada akhirnya kemudian dia bertaubat membacakan Dua kalimah Syahadat kemudian dia di perintahkan oleh seorang gurunya untuk pergi ke Pondok Pesantren, ditengah perjalanan sebelum dia sampai ke tujuan dia meninggal dunia karena begitu banyak penyakit yang bersarang di tubuhnya karena sering minum-minuman keras, terus apa balasan untuk orang seperti itu? jawabannya adalah Surga meskipun dia tidak melakukan amal shaleh satupun tetapi dia tetap bisa membawa iman dalam dirinya maka jaminannya adalah Surga.

Iman yang paling utama karena imanlah yang akan menyelamatkan kita nanti dari panasnya api neraka, maka jagalah iman yang ada dalam diri kita jangan sampai iman itu pudar apalagi hilang.

*Ahmad Sopyan adalah KSPP beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.