Pesantren Al Hikmah Sukabumi, “Pesantren dengan Kekhasan Olah Kanuragan”

1
14461
KH. Asep Alam Putera Pimpinan Pondok Pesantren Al Hikmah KH. Aang Sopyan Tsauri

Sukabumi, 19/4 (beritalangitan.com) – “Ilmu tenaga dalam” adalah ciri khas pesantren Al Hikmah yang sudah berlangsung secara turun temurun. Pesantren  yang berlokasi di Kampung Selaerih Rt. 3/7 Desa Selaawi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi ini cukup representatif dengan suasana pegunungan yang sejuk dan tidak bising, ini menjadi  salah satu daya tarik pesantren ini karena membuat nyaman siapa saja yang datang berkunjung. Al Hikmah adalah sebuah pesantren yang konsisten mempertahankan kesalafiyahannya hingga dua generasi.

Pondok Pesantren Al Hikmah Selaerih - Sukabumi
Pondok Pesantren Al Hikmah Selaerih – Sukabumi

Pondok Pesantren Al Hikmah didirikan oleh Mama Haji Mahfud (Alm) pada tahun 1963, bahkan jauh sebelum itu Al Hikmah yang pada masa itu masih berupa padepokan sudah ada dan turut berperan dalam berjuang melawan penjajah Belanda. Dan kini pesantren Al Hikmah di Pimpin oleh KH. Aang Sopyan Tsauri yang dibantu oleh puteranya yaitu KH. Asep Alam.

Untuk menggali lebih jauh perjalanan perjuangan Pondok Pesantren Al Hikmah ini, tim lipsus beritalangitan.com berbincang dengan Kang Haji Alam sapaan akrab KH. Asep Alam yang juga pernah menjadi ketua Hamida Sukabumi. Menurutnya pesantren Al Hikmah ini adalah Pesantren salafi yang memiliki kekhasan yaitu mengajarkan Ilmu tenaga dalam, tetapi tetap tidak menghilangkan kekhasan salafinya dengan tetap mengkaji pelajaran pesantren pada umumnya seperti kitab kuning dan sebagainya, terangnya.

Walaupun dengan jumlah santri  mondok rata-rata pertahunnya sekitar 40 sampai dengan 50 santri putra – putri, namun pengaruh pesantren ini dimasyarakat cukup besar, ini bisa terlihat dengan jumlah mustami yang hadir dalam setiap acara pengajian mingguan tak kurang sekitar 300 orang selalu memenuhi Mesjid. Bahkan khusus setiap tanggal 14 mulud diadakan acara reuni alumni dan haul, acara seperti ini  rata-rata jumlah yang hadir tidak kurang dari dua ribu, lanjut Kyai Alam menjelaskan sisi lain dari pesantren Al Hikmah.

Sebetulnya tidak sedikit tawaran atau ajakan dari berbagai pihak agar pondok pesantren ini memiliki sekolah formal, namun hingga saat ini Al Hikmah tetap kosisten memilih jalur salafiyah. Meski kini dengan hadirnya sosok Kyai Asep Alam telah banyak melakukan perbaikan-perbaikan baik disisi manajemen maupun dalam pengelolaan dan pengorganisasian alumni dengan terbentuknya “HASIL “ (Himpunan Alumni Santri Al Hikmah) yang keberadaannya tersebar dari Sukabumi, Bandung, Jakarta bahkan hingga ke Provinsi Banten. (Tim lipsus beritalngitan.com)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.