Pesantren Miftahul Huda Al- Mubarokah : Berawal Dari Pengajian Surau, Lalu Berkembang Menjadi Pesantren Besar

0
215

Cianjur beritalangitan.com – Pesantren Miftahulhuda Al-Mubarokah Berdiri pada tahun 2008 pondok ini terus mengembangkan sayapnya di tahun 2010 dalam aspek legalitas hukum berupa yayasan. Pesantren ini terletak cianjur tepatnya di Kampung Cijati Rt 01/08 Desa Sukasari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

Keberadaan pesantren ini diawali kakeknya yang mengajar ngaji hanya berupa majlis-majlis taklim di sekitar lokasi bakal pesantren dan sudah berlangsung saat Aang Ridwan sendiri belum lahir, namun itupun sempat vakum beberapa tahun lalu di lanjutkan oleh orang tuanya.

Aang Ridwan

Pada tahun 1997 Aang Ridwan mulai mondok di pondok pesantren Al-Mansuriyah Selanangka kemudian mengikuti sanlat di pondok pesantren Riyadul Atfiayah kadukaweng banten (abuya sanjay). Pada tahun 2000 Aang pindah pesantren ke Pondok Pesantren Miftahul Huda manonjaya Tasikmalaya sampai tahun 2010.

Setelah lulus di Miftahul Huda Aang kembali kekampung halamannya untuk membantu orang tuanya untuk mengembangkan pengajian yang sudah berjalan, namun tidak di setujui oleh sang guru di miftahul huda karena tempatnya terlalu kecil walaupun dilokasi itu sudah ada masjid dan rumah tinggal.

Atas keinginan sang guru Akhirnya Aang Ridwan di nikahkan dengan anak seorang kyai besar dari garut yang sudah memiliki pondok pesantren yang besar, harapannya agar Aang mau mengajar dan mengurus pesantren yang sudah ada agar ilmunya dapat bermanfaat.

Dengan kondisi yang membuat Aang bingung akhirnya Aang ijin kepada mertua untuk kembali lagi ke tempat mengajar orang tuanya, dengan niat ingin mengembangkan pengajian yang sudah dibangun oleh orang tuanya agar bisa membangun sebuah pesantren yatim dan duafa.

Seiring waktu, di tahun 2010 pesantren ini berkembang pesat dengan banyaknya penambahan santri namun secara ekonomi Aang kerepotan dikarenakan belum setabil untuk kebutuhan bulanan santri hingga akhirnya mencoba dengan keadaan seadanya untuk berjualan, mulai dari berjualan sistik, bakso, yogurt, emping sampai berjualan baslub.

Sehingga dengan niatan yang kuat Aang yakin bahwa Allah menakdirkan untuk terus mengembangkan pesantren karena pesantren merupakan salah satu pondasi/dasar yang paling tepat untuk menjaga aqidahnya, katauhidannya dan sebagainya sehingga pendidikan yang optimal dan pas adalah pesantren.

Di tahun yang sama, Aang mendapatkan dana sejumlah dua puluh juta rupiah lalu aang niatkan uang ini untuk perluasan pesantren, yang alhamdulillah di samping pesantren ada rumah yang mau sewa untuk pondok pesantren. Malam saya sewa rumah itu paginya ada habib dari banten bawa santri tujuh orang untuk dititipkan mondok disini dan minta di gratiskan biayanya, dan alhamdulillah berkahnya bisnis baslubnya berkembang dengan pesat hingga sekarang.

Salah satu santri yang dibawa habib dari banten ini adalah Kang wahyu, yang saat ini dipercayakan oleh aang untuk menjadi bagian keamanan di pesantren.

“Salah satu keinginan Aang berdirinya pesantren ini adalah Ingin mendapatkan ridah Allah SWT, dan ingin mengembalikan lagi hakekatnya manusia dan tri program yang di ambil dari Pesantren Miftahul Huda manonjaya yaitu menciptakan Ulamaul Amilin, Ulama Mutaqin dan Mutaqin artinya seorang ulama yang betul-betul ikhlas mengamalkan ilmunya, menjadi pemimpin yang bertaqwa atau setidaknya menjadi manusia yang bertqwa, tutur Aang Ridwan”

Santri yang ada saat ini ada delapan puluh orang yang mondok, jika ditambah santri yang ngalong ada dua puluh orang dan insya Allah terus bertambah banyak. Untuk pembiayaan santri bagi yang mampu itu di bebani biaya sebanyak tiga ratus ribu dan bagi yang tidak mampu itu tidak dibebani biaya sedikitpun.

Pesantren Miftahulhuda Al -Mubarokah saat ini memiliki empat kelas belajar, yang pertama Kelas Ibtida Sani usia dari SMP dan SMA, yang kedua Kelas Ibtida Awal usia dari SMP dan SMA kedua kelas ini lebih mengkaji di nahwu shorofnya, untuk yang ke tiga yaitu Kelas Qur’an usia SD yang di pelajari lebih ke thfidz dan yang terakhir Kelas Qur’an usia TK mempelajari tahfidz surat-surat pendek.

Kegiata santri di Pondok Pesantren Miftahulhuda Al – Mubarokah di mulai dari Qiyamulail berjamaah, membaca surat waqiah, sholat subuh berjamaah, tahsin quran (06:00) dilanjut semua santri ngumpul dimasjid untuk membaca surat arrahman dilanjut sholat duha berjamaah, dilanjut piket kebersihan untuk masing-masing santri sambil menunggu sarapan jam 07:00.

Selang sejam dilanjutkan pengajian nahwu shorof masing-masing kelas sampai jam 09:30. Setelah itu dilanjut istirahat sampai dzuhur bagi yang tidak sekolah, namun untuk yang sekolah dilanjut masuk kelas jam 10:00 sampai menjelang dzuhur. Di waktu dzuhur di lanjut sholat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan pengajian fiqih dan akhlaq untuk kelas usia smp dan sma sampai jam 13:30 untuk yang usia sd dan tk masuk kelas qur’an. Setelah itu istirahat kembali sampai menjelang ashar.

Masuk di kelas ashar dengan kajian fiqih dari usia smp dan sma dan untuk kelas sd dan tk masuk kelas quran (thasin dan tahfidz) sampai 16:30 dan dilanjutkan istirahat dan makan sore sampai jam 17:30 lalu dilanjutkan dengan tadarus di waktu menjelang magrib dan sholat magrib berjamaah. Lalu dilanjutkan pengajian tafsir Jalalen (Tafsir Al-Qur’an) sampai jam isya kemudiandilanjutkan kembali pengajian nahwu shorof sampai jam 21:00 dan setelah itu istirahat (tidur malam) persiapan kembali rutinitas seperti biasanya.

Saat ini pesantren Miftahulhuda Almubarokah dibantu pengembangan oleh beberapa santri yang memiliki kompeten di bidang ke it annya dan promosi serta dibantu juga di bidang kesekretariatannya oleh dua orang santrinya yaitu Kang taufik selaku Rois Amm (Ketua Santri) dan bagian media/it dan
Kang Rijal Nur Harkat selaku sekertaris kepesantrenan.

“Semoga pesantren ini lebih istiqomah dalam membela agama Allah walaupun banyak yang tidak mendukung adanyanya pesantren ini dan menjadi benteng untuk kemenangan agama Allah SWT, pungkas Aang M Ridwan Alawi”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.