Pondok Pesantren Al Jufriyyah Rumah Kaderisasi Ulama masa depan

0
392

Cianjur, beritalangitan.com – Pondok pesantren merupakan salah satu elemen yang tak terpisahkan dari jati diri Kabupaten Cianjur sebagai Kota santri.

Pondok Pesantren Al-Jufriyyah Cilaku Cianjur adalah satu di antaranya. Jejak awal Ponpes Al-Jufriyyah bermula dari dorongan Habib Husin bin Idrus Al-Jufri dan Istrinya sebagai santri yang ingin mengamalkan ilmu nya untuk masyarakat. Di awali dari rumah nya yang digunakan sebagai pusat pengkajian warga desa sekitar untuk belajar Ilmu Agama, Al.qur’an dan mengkajian kitab kuning.

Perlahan-lahan pengaruh Habib sebagai santri jebolan Mama Ciharashas menyebar luas. Semakin banyak orang berdatangan untuk mempelajari ilmu agama bersamanya.

Ponpes Al-Jufriyyah berdiri awal tahun 2000 waktu itu belum ada santri yang mukim, Seiring berjalan nya waktu berdatanganlah calon santri yang sekolah formal yang tidak jauh dari pondok. Akhirnya pada tahun 2002 para calon santri berkeinginan untuk mondok di sini.

Tak berhenti di sana, komitmen Habib Husin bin Idrus Al-Jufri di dunia pendidikan agama menuntunnya untuk terus mencetak calon-calon Kyiai generasi penerus.

Sehingga semakin banyak nya santri yang ingin menimba ilmu kepadanya, Habib Husin berfikir keras untuk dapat mendirikan asrama semua itu sesuai dengan kebutuhan santri yang semakin terus bertambah, Semua itu berdiri di tanah mertuanya yang di wakafkan untuk Ponpes Al-Jufriyyah.”ungkapnya

Sehingga peminat santri yang mondokpun tak pernah surut. Setiap tahunnya banyak yang berdatangan untuk mondok di ponpes ini, Hingga saat ini santri dan santriwati yang masih mondok di ponpes Al-Jufriyyah sekitar 75 santri, terdiri dari 30 santri Ikhwan 35 Santri akhwat.

Melalui Ponpes Al-Jufriyyah ini nantinya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang terpelajar serta semangat mendalami ilmu agama guna menyebarkan ajaran ulama’ salaf sehingga mereka mampu menyampaikan ilmu agama sebagai materi dakwah ditengah masyarakat dalam berbagai macam cara.

Semua ini sebagai upaya Habib Husin menjawab pesan kaderisasi dari para guru-guru nya mencetak calon ulama masa depan.”pungkasnya kepada team lipsus pesantren beritalangitan.com saat ditemui di rumahnya. Rabu malam, (9/7/2020).

(And)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.