Pondok Pesantren Daarul Hikam Cianjur, Membina Generasi Baru dengan Keutamaan Hikmah

0
320
Kegiatan Belajar Mengajar di Darul Hikam

Cianjur beritalangitan.com – Pondok Pesantren Daarul Hikam terletak di kampung Cijati Desa Babakan Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Pesantren ini memiliki ciri khas dalam ilmu hikmat menolong masyarakat dalam berkhidmat.

Berasal dari kegelisahan seorang Kyai yang saat itu merasa prihatin melihat anak-anak kecil di waktu dzuhur bermain di jalanan, di sawah dan di sungai-sungai sehingga saya berkeinginan untuk membina anak-anak kecil dari usia SD dari kelas 1 sampai kelas 6, dengan niatan ingin membangun sebuah pesantren, namun di awali dengan membangun sekolah agama terlebih dahulu agar anak-anak mau mengaji.

H. Hamdan

Di tahun 2008 H Hamdan berkeinginan kuat untuk membangung pesantren, pada saat itu H Hamdan masih berdomisili di Pasir Laja. Qodarullah anak H Hamdan menikah dengan seorang Ustadz yaitu Aang Muslih dan Ia spontan menawarkan menantunya untuk siap mengurus Sekolah Agama sebelum membentuk sebuah pesantren.

Aang Muslih

Setelah menantunya mau membantu H Hamdan untuk mengurus perkembangan Madrasah (sekolah agama) Ia langsung mendaftarkan secara perijinan ke kemenag di tahun 2008 bulan Rajab.

Dikarenakan di Kampung Pasir Laja saat itu sudah ada pesantren sehingga di tahun 2009 H Hamdan pindah ke kampung Cijati Desa Babakan, dengan tujuan ingin mengembangkan yang tadinya Madrasah menjadi sebuah pesantren, alhamdulillah masyarakat sangat menyambut kedatangan kami hingga saat ini sudah ada 120 anak yang ngaji di madrasah pondok Pesantren Daarul Hikam.

Santri yang mondok dan yang ngalong itu ada sekitar 70 orang dan di dominasi oleh santri asli orang Cijati.

“Harapan saya dalam membangun pesantren ini adalah pertama dalam Aqidah, berjamaah dalam ibadah dan toleransi dalam hilafiah. Tujuannya menjadikan generasi mendatang lebih baik dari generasi mendatang, tutur H Hamdan Abdullah selaku pendiri Pesantren Daarul Hikam”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.