Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Gelar Gebyar Muharram 1437 H

0
1082

Bandung, 2/11 (beritalangitan.com) – Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung gelar acara Gebyar Muharram 1437 H. Sabtu 31/10. Kegiatan ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan secara terbuka oleh Dewan Santri dan Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal.

Kegiatan ini mengambil tema “Semarak Tahun Baru Islam Menuju Generasi Muslim yang Berbudi Luhur Sesuai dengan Kaidah – Kaidah Islam”. Saat ditemui Tim Beritalangitan.com di acara puncak Gebyar Muharram 1437 H sabtu malam, Alvian Mohamad Zein selaku Dewan Santri ditemani Rizan Al-Khaetami selaku Ketua Pelaksana acara menjelaskan sekilas maksud dari tema tersebut. Latar belakang dari tema Gebyar Muharram ini adalah Melihat fenomena umat muslim hari ini yang memiliki intelektualitas, namun sangat disayangkan keintelektualitasannya tidak di imbangi dengan nilai-nilai akhlak yang baik sesuai kaidah – kaidah islam tutur Alvian. Rizan menambahkan dengan pengambilan tema itu mereka berharap seluruh santri di Pesantren ini menjadi generasi muslim yang mampu menjadi teladan ditengah masyarakat.

Dalam Gebyar Muharram 1437 H ini PP. Mahasiswa Universal lebih membuka diri ditengah-tengah masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan acara perdana Gebyar Muharram yang dilakukan secara terbuka untuk umum dan juga melibatkan tokoh – tokoh masyarakat, ormas – ormas dan media. Yang sebelumnya dalam setiap pelaksanaan seluruh kegiatan acara-acara besar Islam seperti halnya acara ini selalu dilakukan didalam pesantren.

Masyarakat sekitar pun merespon positif dengan pagelaran acara terbuka seperti ini. para santri memperkenalkan karya-karya dan budaya islami hasil kreativitasnya kepada masyarakat, dalam acara puncak beberapa santri mempertontonkan kepiawaian berpidato, menjadi MC, theater islami, Hadroh, Qira’at Qur’an, Shalawat dan semaan, serta tablig akbar. keseluruhan acara ini menjadi cara kami dalam menjalin silaturahmi dengan masyarakat untuk lebih dekat dan mudah mensyiarkan islam kepada mereka, tutur KH. Tatang Astarudin selaku Dewan Pengasuh sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Mahasiswa Universal.

Selain melihat karya-karya santri tersebut diatas, ada hal lain yang menarik bisa kita lihat dari seoraang pengasuh PP. Universal yaitu sosok Abi Tatang, sapaan khas para santri kepada sang Kyai. Dalam acara puncak itu diadakan pula Muhadaroh award yaitu penghargaan untuk para santri yang berprestasi semisal santri yang mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dikampusnya, Abi Tatang mengapresiasi dengan memberikan hadiah “Membayar biaya kuliah santri selama 1 semester dikampusnya”.

Diakhir wawancara KH. Tatang menegaskan “saya terharu dengan perjuangan para santri dalam mensukseskan acara ini dengan berbagai persiapan yang matang dan maksimal akhirnya sampai kepada acara puncak yang alhamdulilah berjalan sesuai rencana. Tidak ada alasan untuk mundur dalam mengapresiasi santri untuk minat dan bakat mereka dalam berkarya” pungkasnya.   (tim beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.