Ponpes Miftahul Jannah, Terus Mendidik Generasi Islami Tanpa Henti

0
3751
Ketua Yayasan Ponpes Miftahul Jannah Hj. Dede Hasanah S.Pd. / Ummi (tengah)

Bandung, 29/10 (beritalangitan.com) – Terletak di kaki bukit antara perbatasan Kota Bandung dan KabupatenBandung tepatnya di Kp. Sekepicung Ciburial Bandung. Berdiri sebuah Pondok Pesantren Salafiyah Miftahul Jannah, Ponpes yang juga terdapat Madrasah Diniyahnya ini dirintis sejak tahun 1980 oleh KH. Jumaeli Jamaludin yang sekarang masih menjadi Pimpinan Pondok Pesantren.

KH. Jumaeli Jamaludin (Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Jannah)
KH. Jumaeli Jamaludin (Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Jannah)

Tim lipsus beritalangitan.com yang berkunjung Selasa (27/10) disambut hangat oleh beberapa staf pengajar Ponpes dan berbincang dengan ketua Yayasan Ponpes Miftahul Jannah yaitu Hj. Dede Hasanah S.Pd. yang akrab disapa Ummi.

Sosok pendidik yang lembut dan energik ini sangat optimis mengembangkan dunia pendidikan Islam di Ponpes Miftahul Jannah. Walaupun dikatakan saat ini ada permasalahan penurunan jumlah santri dibanding tahun sebelumnya,tetapi kondisi ini tidak menyurutkan semangat para Murabbi ini dalam mendidik santri-santrinya, karena sesuai dengan misi Ponpes Miftahul Jannah ”terus menerus tanpa henti untuk mendidik tanpa terhambat situasi dan kondisi”.

“Banyak sekali suka duka Ummi dan juga para guru yang lain dalam mendidik para santri di pondok ini, seringkali berhadapan berbagai macam karakter dan kemampuan santri yang tidak sama. Tetapi adalah suatu kebahagiaan bagi ummi dan kawan – kawan bisa mengajarkan ilmu kepada para murid, apalagi jika kelak bisa melihat murid itu berhasil menjadi pemimpin ummat, namun suatu kesedihan bagi seorang guru apabila muridnya tidak bisa memanfaatkan ilmunya untuk masyarakat.

Visi Ponpes Miftahul Hasanah adalah untuk membentuk generasi yang ilmiah yaitu generasi yang berilmu, cerdas, ikhlas, beriman dan bertaqwa kepada Allah dan juga membentuk generasi yang berilmu agar bisa mencerahkan masyarakat, generasi yang cerdas, generasi yang mampu menjawab setiap persoalan ummat dengan landasan yang benar yaitu Al-qur’an dan Sunnah, kemudian ikhlas mengajarkan ilmu itu kembali hanya karena Allah semata, karena tanpa keikhlasan maka semua amalan akan sia-sia saja terangnya.

Ponpes Miftahul Jannah memiliki harapan ingin lebih baik dan maju lagi, untuk itu menjalin kerja sama dengan masyarakat sangat penting karena pesantren dan masyarakat adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, dan juga pihaknya berharap perhatian dari pemerintah yang juga bagian tak terpisahkan dari keberlangsungannya pesantren, dan bukan hanya sekedar mengetahui secara administratif saja, dengan bersinergisnya semua pihak ini maka akan dapat mewujudkan cita-cita terciptanya generasi Islam terbaik dimasa yang akan datang.   (tim beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.