Pontren Al-Ikhwan Bandung: “Transformasi melalui Ngaji Batik”

0
2731

Kang Emil saat meninjau praktek pelatihan membatik di Pontren Al-Ikhwan Jl. Cigadung Raya Timur Bandung, Sabtu (23/01/16)

Bandung, 24/01 (beritalangitan.com). Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhwan Cigadung Bandung, KH. Maftuh Khalil melakukan terobosan dengan mengubah ‘wajah’ pesantren melalui Program “Ngaji Batik” yang secara resmi dibuka oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu (23/01).

Pondok Pesantren yang dipimpinnya telah berkiprah dalam dunia batik sejak 2004 silam. Hingga saat ini, pontren telah mencetak 150 santri yang turut terlibat aktif dalam proses membatik.

Melalui Ngaji Batik diharapkan para santri tidak hanya menguasai kitab saja tetapi juga memiliki keterampilan pula dalam membatik. “Hal ini dalam upaya melestarikan batik serta menciptakan kemandirian santri” ujarnya.

1

“Pelatihan membatik ini dilaksanakan sebanyak 30 kali dengan jadwal pelatihan dua kali seminggu” lanjutnya. Pelatihan mencakup pembuatan batik tulis dan batik cap yang dilanjutkan dengan pendampingan agar lulusannya bisa mandiri.

Pontren Al-Ikhwan menggandeng perusahaan Batik Komar yang didukung PT. Telkom sebagai mitra pemasaran produk batiknya.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pontren Al-Ikhwan yang mampu memadukan kegiatan pesantren dengan kegiatan ekonomi kreatif, yaitu membatik. Menurutnya, itu merupakan hal yang luar biasa. Karena itulah, Emil berharap kreativitas Kota Bandung juga dibarengi dengan kesalehan seperti yang ditunjukkan di Pondok Pesantren Al-Ikhwan Cigadung. (Yd/Ft)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.