Profil Pondok Pesantren Daar At-Taubah Al Islamiyyah

0
6489

Beritalangitan.com – Ponpes Daar At-Taubah secara georafis berada di kawasan Saritem yang terletak di dua wilayah ke RW -an yaitu RW 07 dan RW 09 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Andir Kota Bandung.

Dengan jumlah penduduk perkotaan yang begitu padat kawasan Saritem dihuni oleh berbagai profesi mulai dari pedagang yang merupakan mayoritas mata pencaharian penduduk, karyawan pabrik, pegawai negeri serta buruh biasa.

Ada yang menyebutkan bahwa nama Saritem diambil dari nama seorang penjaga warung remang-remang yang nongkrong di pinggir jalan. Namun menurut cerita lain menyebutkan bahwa saritem adalah merupakan nama seorang primadona pelacur tempo dulu yang bernama “Nyisari” yang berkulit “hitam manis”. Sehingga untuk mengabadikan namanya jalan dari arah Gardujati tersebut diberi nama jalan Saritem.

Secara de jure beberapa kawasan tertentu di tempat ini bukan tempat yang legal untuk prostitusi namun secara de facto wilayah ini sudah lama dikenal masyarakat sebagai komplek pelacur dan beroperasinya praktek pelacuran.

Seiring dengan berjalannya waktu praktek prostitusi di komplek saritem tersebut masih terus berjalan sehingga mengundang banyak keprihatinan warga serta masyarakat kota Bandung. Sehingga pada tahun 1998 muncul sebuah gagasan untuk mendirikan pondok pesantren di wilayah Saritem dimana ide tersebut dicetuskan oleh KH. Imam Shonhaji sesepuh Pondok Pesantren Sukamiskin yang juga sekaligus sebagai Ketua Forum Komunikasi Podok Pesantren (FKPP) Kota Bandung. Kemudian yang kini memimpin Pondok Pesantren Daar At Taubah yaitu KH. Ahmad Haedar.

Pada tanggal 2 Mei tahun 2000 diresmikanlah Pondok Pesantren yang berlokasi di jalan Kebon Tangkil Rt.10 Rw.07 Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir Kota Bandung oleh Walikota Bandung yang pada saat itu dijabat oleh H. AA Tarmana dengan nama Pondok Pesantren “Daar At Taubah Al Islamiyyah”.

Adapun pemakaian nama “Daar At Taubah” yang mempunyai arti “tempat bertaubat” dengan harapan setelah berdirinya pondok pesantren ini dapat membawa perubahan serta manfaat sekaligus kontribusi positif baik bagi warga sekitar juga ummat Islam umumnya.

Keberadaan Pondok Pesantren di wilayah perkotaan ini memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri di bandingkan dengan pesantren yang ada di tempat lain. Hal ini dikarenakan pesantren tidak hanya sebuah bangunan yang berfungsi sebagai pusat nilai norma ilahiyah, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia serta tempat berkumpulnya komunitas yang solid dan kompak. Namun lebih dari itu pendirian pesantren di kawasan tersebut adalah merupakan simbol kebangkitan jiwa dan transformasi sosial masyarakat dari kegelapan menuju yang terang serta simbol kesadaran nurani dan penegakan moral.

Dengan melihat letak geografis serta latar belakang sejarah maka keberadaan pendirian Pondok Pesantren Daar At Taubah  Al Islamiyyah setidaknya mempunyai dua aspek tujuan utama yakni tujuan kultural dan tujuan struktural.

Pertama tujuan secara kultural mengandung pengertian bahwa hadirnya Pondok Pesantren ini adalah sebagai Lembaga Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan (dakwah).

Dimana Ponpes ini berperan serta berfungsi sebagai lembaga dakwah, menegakkan yang hak dan mencegah yang bathil  (amar makruf nahi munkar). Hal ini dilakukan secara bertahap  dan dengan penuh ketelitian, ketelatenan serta kesabaran baik pada para WTS, mucikari, calo maupun terhadap warga sekitar pada umumnya.

Kedua tujuan secara struktural mengandung pengertian bahwa didirikannya Pondok Pesantren Daar At Taubah Al Islamiyyah ini adalah untuk penataan daerah khususnya komplek saritem, hal ini berdasarkan keinginan masyarakat serta dukungan pemeritah untuk membebaskan komplek saritem dari kegiatan prostitusi sehingga kawasan ini dikemudian hari tumbuh menjadi sebuah kawasan religius dan pusat dakwah Islam.

Demikian sekilas gambaran profil tentang keberadaan Pondok Pesantren Daar At Taubah Al Islamiyyah yang banyak menyimpan kegetiran, keprihatinan, penuh perjuangan dan tantangan.

Akhirnya dengan mengharap rahmat, taufiq serta hidayah Allah Swt dengan senantiasa menggantungkan segala upaya dan usaha yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan serta target keberhasilan yang ditetapkan Pondok Pesantren ini, semoga selalu mendapatkan karunia serta Ridho Nya.

Sumber : Data Profil Pondok Pesantren Daar At Taubah Al Islamiyyah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.