Berkibarnya Panji Bulan Bintang Di Eropa

0
687
Berkibarnya Panji Bulan Bintang Di Eropa (Ilustrasi)

Oleh : Lukman

Beritalangitan.com – Pada tanggal 19 juli 711 M, pasukan muslim yang di pimpin oleh Thariq Bin Zhiyad mampu menancapkan panji Bulan Bintang setelah pertempuran yang menentukan di Guadalete. Raja Roderick mencoba melarikan diri dengan menyeberangi sungai, tetapi ia mati tenggelam.

Sebelumnya jika melihat perbandingan pertempuran antara kedua pasukan adalah 1 : 10. Pasukan Thoriq Bin Ziyad terdiri dari 7.000 orang, sedangkan Raja Roderick memiliki pasukan terlatih sebanyak 70.000 orang lengkap dengan pasukan berkudanya. Kekuatan yang tidak sebanding memang, tetapi semangat dan keyakinan para prajurit, kekompakan dan dibalut dengan kualitas kepemimpinan Thariq mampu bergerak dengan cepat tanpa hambatan.

Semangat dan kualitas para prajurit Thariq bagaikan pemenuhan atas firman Allah swt :

Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti. (Qs. Al-anfal : 65)

Kemenangan Thariq Bin Ziyad adalah tonggak dimulainya pencerahan di dunia eropa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.