Kumpulan Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

0
375

Beritalangitan.com – Bulan Rajab menyimpan peristiwa sejarah yang penting bagi umat Islam. Secara khusus, terdapat empat peristiwa penting dalam sejarah Islam. Apa saja peristiwa penting di Bulan Rajab?

Bulan Rajab turunnya perintah sholat saat Isra Mi’raj

Isra Mi’raj menjadi peristiwa paling penting dalam tegaknya Islam. Dua peristiwa ini terjadi dalam satu malam pada 27 Rajab tahun kesepuluh kenabian, atau sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga Sidratul Mutaha inilah Allah Subhanahu WaTa’ala memerintahkan sholat lima waktu. Sejarah Isra Mi’raj bisa dilihat di Al-Qur’an surat Al-Isra’ dan An-Najm ayat 1-18.

Perang Tabuk

Salah satu perang terbesar dalam ini terjadi pada bulan Rajab tahun kesembilan setelah hijrah. Rasulullah berangkat bersama 30 ribu pasukan saat bertepatan dengan panen dan musim panas sehingga terasa sangat sulit bagi pasukan muslim. Pasukan ini disebut jaisyul usrrah karena berasa dalam kesulitan saat perang Tabuk.

Pembebasan Baitul Maqdis

Allah Subhanahu WaTa’ala memerintahkan jangan ada pertumpahan darah kecuali atas namaNya atau umat Islam diserang lebih dulu. Hal inilah yang terjadi pada pembebasan Baitul Maqdis atau Al-Aqsa di Palestina.

Baitul Maqdis berhasil dibebaskan Salahuddin Al-Ayubi atau Yusuf bin Najmuddin al-Ayyubi. Salahuddin mulai menggerakkan pasukkannya pada Jumadil Awal 583 Hijriah. Setelah berhasil merobohkan dinding Palestina pada 25 Rajab 583 Hijriah, Salahuddin merebut kembali kota suci tiga agama tersebut dan membebaskan Baitul Maqdis.

Sistem khilafah berakhir

Khilafah terahir adalah Kerajaan Utsmaniyyah yang runtuh pada 27 Rajab 1342 Hijriyah atau 3 Maret 1942. Khilafah yang menguasai Turki ini dihapuskan Mustafa Kemal Attaturk. Sebelumnya khilafah Islam berhasil menguasai 2/3 dunia selama beberapa generasi.

(ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.