Wali Songo Angkatan Pertama (1404-1421)

0
4781
Wali Songo.
Ditulis ulang oleh Ruswandi

(Beritalangitan.com) – Syekh Maulana Malik Ibrahim datang ke pulau Jawa pada tahun 1404 M/807 H bersama delapan tokoh lain. Mereka inilah yang disebut sebagai Wali Songo angkatan pertama. Disebut Wali Songo angkatan pertama karena sembilan ulama inilah yang bersama-sama dan pertama berangkat ke Pulau Jawa atas perintah Sultan Muhamad I khalifah Turki Utsmani. Mereka sampai di Jawa pada tahun 808H/1404M.

Saat itu Majapahit sedang berkecamuk perang Paregreg ( 1404- 1406 M ). Wali Songo angkatan pertama yang datang dengan menggunakan kapal ini adalah sebagai berikut:

  1. Maulana Malik Ibrahim

2. Maulana Ishak

3. Maulana Ahmad  Jumadil Kubra

4. Maulana Muhammad al Maghribi

  1. Maulana Malik Israil

6. Maulana Muhamammad Ali Akbar

7. Maulana Hasanudin

8. Maulana Aliyudin

9. Syekh Subakir

Pembagian dakwah ditetapkan menjadi tiga bagian yaitu jawa bagian barat tengah dan timur. Syekh Maulana Malik Ibrahim mengemban amanah dakwah bersama Maulana Ishak dan Maulana Ahmad Jumadil Kubra di Jawa bagian timur, sedang Maulana Muhammad Al-Maghribi dan Maulana Syekh Subakir memulai dakwah di bagian tengah Jawa, Maulana Malik Isra’il, Maulana Ali Akbar, Maulana Hasanuddin, dan Maulana Aliyudin memulai dakwah di Jawa bagian barat.

Dari sembilan tokoh Wali Songo angkatan pertama ini, yang paling banyak dikenal adalah Maulana Malik Ibrahim, Maulana Ishak, dan Maulana Ahmad Al-Jumadil Kubra. Sedangkan berita enam tokoh lainnya hanya sedikit dan masih sulit dilacak, karena belum ditemukan sumber sejarah yang dianggap valid.

Sumber : Trilogi Revolusi Islam di Tanah Jawa, oleh Rachmad Abdullah,S.Si.,M,pd

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.