Cara Mendidik Anak Perempuan agar Menjadi Anak yang Sholehah

0
1555

Beritalangitan.com – Anak merupakan anugerah sekaligus titipan Tuhan yang sangat indah dan hendaknya dijaga serta dididik dengan baik. Meskipun anak laki-laki dan perempuan sama-sama merupakan anugerah Tuhan yang begitu indah, namun cara mendidik anak perempuan cenderung lebih diperhatikan khususnya dalam ajaran agama Islam, hal tersebut disebabkan karena ketika sudah dewasa nantinya seorang anak perempuan akan menjadi seorang ibu yang memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan moral yang terpuji pada anak-anaknya, sehingga bila anak perempuan sudah dididik untuk memiliki akhlak yang baik sejak dini, maka ketika dewasa, dapat dipastikan mereka akan menjadi wanita yang baik dan sholehah, tidak hanya sebagai anak sholehah bagi orangtuanya namun juga sebagai istri dan ibu yang sholehah untuk suami dan anak-anaknya kelak.

Oleh sebab itu, bila saat ini anda memiliki anak perempuan, maka sebaiknya berhati-hatilah dalam mendidiknya sebab bila anda sedikit saja salah melangkah, maka bukan tidak mungkin anugerah terindah yang datang dari Tuhan tersebut akan hancur di tangan anda sendiri, dan malah akan membawa aib bagi keluarga. Lalu bagaimana cara mendidik anak perempuan yang tepat khususnya berdasarkan ajaran agama Islam, sehingga kelak mereka akan menjadi anak-anak yang sholehah? Ada berbagai faktor yang perlu anda perhatikan, ketika mendidik anak perempuan, diantaranya seperti berikut ini.

  1. Kenalkan dan Ajarkan Agama Sejak Dini

Agama merupakan dasar bagi pendidikan seorang anak, baik itu untuk anak laki-laki maupun perempuan. Oleh sebab itu, sejak dini berikanlah kepada mereka khususnya pada anak perempuan bekal agama yang cukup. Cara mendidik anak perempuan dengan jalan seperti ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak pada agama. Tentunya harus dimulai dari cara yang sederhana, misalnya dengan cara mengenalkan mereka tentang Ketuhanan melalui obrolan ringan, agar ia ingat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Allah. Lalu, setelah ia sudah mulai dapat berbicara dan membaca, ajarkanlah untuk mengawali kegiatannya dengan berdoa. Kemudian, barulah setelah itu, seiring dengan bertambahnya usia, ajarkanlah untuk mengenal rukun Islam, sholat dan puasa, agar kelak ia taat untuk melakukannya tanpa paksaan, karena ia telah paham bahwa, hal-hal seperti itu merupakan kewajibannya sebagai seorang Muslimah.

  1. Tumbuhkan Kesadaran Tentang Kewajiban Seorang Perempuan

Seiring dengan bertambahnya usia dan kedewasaannya, maka sebagai orang tua, hendaknya anda berusaha untuk menumbuhkan kesadaran tentang kewajiban seorang perempuan.Cara mendidik anak perempuan dengan jalan seperti ini bertujuan agar ia dapat memahami bagaimana seharusnya seorang perempuan untuk bersikap, sebab sikap anak perempuan dan anak laki-laki tentu saja harus berbeda. Mulailah menumbuhkan kesadaran tersebut dari cara yang sederhana, misalnya seperti cara berpakaian yang sopan dan sesuai untuk perempuan, kemudian cara berperilaku sebagai seorang perempuan, cara bersikap yang sopan pada orang yang lebih tua, dan lain sebagainya.

  1. Ajarkan Berbagai Keterampilan Rumah Tangga

Cara mendidik anak perempuan yang tak kalah pentingnya adalah mengajarkannya berbagai keterampilan rumah tangga. Sesuai kodratnya, meskipun kelak ia akan menjadi sosok perempuan yang mandiri dan mampu bekerja di luar rumah, namun hendaknya orang tua juga perlu mengajarkan anak perempuannya berbagai jenis pekerjaan rumah tangga, agar ia kelak tidak hanya mahir dalam pekerjaannya untuk membantu perekonomian keluarga, namun juga terampil dalam mengurus rumah tangga, sehingga ia akan dapat menjadi sosok seorang istri dan ibu yang baik serta layak dibanggakan oleh suami dan dijadikan panutan oleh anak-anaknya kelak. (st)

 

Sumber : muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.