Izzah dan Iffah

0
374
Gambar ilustrasi

Oleh: Ummu Khadijah


اَلدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.

Artinya: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah.” (HR Muslim dari Abdullah bin Amr).

Rasulullah sangat memuliakan wanita, terlebih wanita muslimah. Dari wanita lahir pemimpin yang bijaksana, Hakim yang adil, Guru/Ulama yang bijak, Pedagang yang jujur dan Lahir pula, Mujahid & Mujahadah penerus perjuangan.

Ada 2 hal penting dan utama yang harus dijaga oleh seorang Muslimah, agar tidak terlena pada gemerlapnya dunia modern ini. Kemaksiatan tidak akan terjadi, tatkala para wanitnya dapat menjaga rasa malu dan kehormatan dalam dirinya. Hal utama yang harus diperhatikan seorang wanita ialah Izzah dan Iffah.

Izzah ialah kesucian, kemuliaan, sebuah harga diri dan kehormatan wanita sebagai seorang Muslimah. Sedangkan Iffah ialah menahan atau cara menjaga kesucian dan kemuliaan tersebut (Izzah).

Izzah dan Iffah banyak disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist. Diantaranya, ” Jika seorang wanita menunaikan shalat 5 waktu, Shaum di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya, niscaya akan dikatakan padanya,

“Masuklah kedalam syurga dari pintu manapun yang kamu mau”. (H.R. Ahmad dari Abdurahman bin Auf)

Izzah dan Iffah dibangun atas 4 hal;

  1. Akal, dengan akal manusia menjadi berbeda dengan makhluk lainnya. Walau banyak dikatakan, wanita lebih cenderung pada perasaannya dibanding akalnya. Tapi itu tak menjadikan muslimah pendek akal dalam menjalani berbagai hal. Dengan akal nya wanita dapat menyejukan hati Suami nya dikalah gundah, menetramkan hati anak dikala tangisnya menggema tanpa alasan. Dengan Akal nya seorang muslimah mampu menyeimbangkan Dunia dan Akheratnya.
  2. Agama, Dien Allah menjadikan Wanita biasa menjadi terhormat, menjadi Muslimah yang berwibawa dengan hijab nya, menjadi wanita sejuk dipandang tanpa menuai nafsu para penglihat nyaa. Dengan Agama, Muslimah menjadi lebih terarah dalam mengambil keputusan dan menjalani kehidupan. Awal dan akhir hidup nya menjadi jelas, dengan tujuan pasti yak ni menjadi Bidadari Syurga nya Allah.
  3. Akhlak, ialah apa yang terdapat dalam hati, diutarakan dalam sikap dan perilaku indah pada lingkungan sekitar kita. Akhlak seorang muslimah identik dengan kelembutan, keceriaan, keindahan, kerapihan dan segala keindahan yang ada didunia. Sebab dalam Hadist dinyatakan bahwa Wanita Muslimah adalah perhiasan dunia. Darinyalah nampak cerminan keindahan.
  4. Rasa malu, rasa malu adalah hijab atau benteng seorang muslimah, saat hendak melakukan suatu hal. Disaat laki laki menghampiri untuk mengajak pada kesesatan, dengan rasa malu nya pada Allah, dengan tegas ia akan menolak, hingga tak ada yang dinamakan zina. Saat hendak keluar rumah tanpa hijab, Rasa malu nya yang menariknya kembali untuk menutupi tubuhnya dengan hijab, karna kecintaannya pada Ayah, Suami, Anak, dan Saudara laki laki nya. Rasa malu menjadi batasan diri dalam bertindak.

Dikatakan, wanita adalah tiang suatu negara, dengan menjaga dan memuliakan wanita Allah pun akan menurunkan keberkannya pada negeri tersebut. Kita adalah muslimah yang memiliki peranan penting dalam Dien Islam.

Selain menjaga kehormatan diri, kita juga harus mampu menjaga kehormatan Suami, menjadi tauladan bagi anak yang kita didik. Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk menjaga kehormatan ini.

Barakallah fiiilmi..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.