Kudungkanlah Sampai Ke Dadamu 2

0
1104

Oleh : Ayatul Husna

Beritalangitan.com – Melanjutkan pembahasan tentang hijab, dan jilbab. Disini akan dibahas tentang khimar /kerudung untuk lebih memahamkan kembali para muslimah tentang perintah yang sesuai dengan tuntun syari’at.

Apa Itu Kerudung/Kudung (khimar)

Khimar atau Khumur atau Kerudung/Kudung di dalam al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat an nuur ayat 31:

(….hendaklah mereka menutupkan khumur/kerudung-nya ke dadannya).

Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakan maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).

Khimar tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada pada wanita, ini terjadi biasanya pada remaja dan wanita di Indonesia dan kebanyakan wanita di Negara yang mayoritas muslim. Padahal yang seharusnya khimar/kudung itu menjulur lurus kebawah dari kepala sampai ke seluruh dada tertutupi.

Pada umumnya khimar lebih dikenal dengan istilah kerudung, tetapi sebenarnya berbeda. Kalau kerudung yang dimaksud seperti pada umumnya adalah menutupkan kain dari kepala dan hanya samapai leher saja, kadang-kadang ada yang memakainya dengan diikat atau di gulungkan dilehernya. Ini jelas jauh dari yang Allah maksudkan seperti dalam Qs. An nuur ayat 31, khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.

Jadi bisa dipastikan kebanyakan wanita saat ini dalam mengenakan kudung/khimar sangatlah jauh dari yang semestinya dan bahkan pada saat sekarang ini tidak sedikit wanita yang mengenakan penutup kepala tetapi bertolak belakang dengan pakaian yang mereka kenakan. Sebagai salah satu contoh masih banyak remaja wanita atau wanita dewasa yang mengenakan pakaian ketat dan bahkan transparan membentuk lekukan tubuh yang seharusnya ditutupi, ini jelas-jelas telah keluar dari ketetapan Islam yang seharusnya.

Tidak cukup sampai disitu saja bahkan masih banyak kaum wanita yang seolah merasa kuper atau ketinggalan mode jika dalam ber-khimar/kudung (kerudung istilah Indonesia) bahkan berpakaian tidak mengikuti mode zaman. Akhirnya banyak bentuk modifikasi dalam hal fashion untuk kaum hawa dengan dalih up to date. Padahal apa yang ada dalam syari’at Islam sudahlah sangat cukup bagi kaum wanita dalam hal berpakaian, Islam menghendaki kemudahan dan kesederhanaan, syari’at tidak mengharuskan mahal dan fashionable akan tetapi sederhana yang syar’i (sesuai dengan ajaran Islam).

Cukuplah kiranya bagi para wanita muslimah berpakaian yang sederhana dengan menutupi seluruh aurat yang telah dijelaskan agama, dan kudungkanlah khimar yang sederhana seperti yang Allah firmankan dalam qur’an surat an-nuur ayat 31. Sepatutnya wanita yang menjaga diri dan kehormatannya tidak perlu merias dan mempercantik diri baik dalam berpakaian maupun ber-khimar, tapi sederhanalah jangan berlebihan karena seluruh tubuh wanita adalah aurat sebagaimana yang telah dijelaskan diatas.

“Jangan takut tidak terlihat cantik dengan berkudung syar’i, karena sejatinya yang akan membuatmu terlihat cantik dimata manusia mulia adalah keimananmu bukan wajah dan pakaianmu”

“Jika kau merasakan panas dengan ber-kudung syar’i, tanyakan pada dirimu sudah siapkah menahan panasnya api neraka yang menyala-nyala”

“Akhlaq mulia adalah syurga, mulianya wanita adalah berkeras diri untuk menjaga dan memelihara kehormatan”

“Wahai wanita percantiklah dirimu dengan iman dan taqwa niscaya kau akan bahagia di dunia dan akhirat”

Ketahuilah seorang yang taat kepada Allah tidak akan melihat dari wajah dan pakaian yang engkau kenakan akan tetapi akan melihat sejauh mana akhlaq dan taatmu kepada Allah dan Rasul-Nya.

Begitulah Allah menetapkan syari’at-Nya, hendak menyelamatkan manusia dari kehinaan dan perbuatan keji. Maka bisa dipahami oleh kita ketika Allah memerintahkan sutau perkara dengan tersurat dalam Al-Qur’an berarti hukumnya wajib. Yang perlu kita ketahui bahwa tidak ada suatu perkara yang Allah perintahkan yang tidak mendatangkan manfaat bagi yang menjalankanya.

Begitu juga dengan perintah mengenakan jilbab atau kudung atau kerudung bagi wanita, banyak manfaat dan tentunya yang paling penting adalah terpelihara serta terjaga diri dan kehormatannya.

Yang perlu diperhatikan bagi para wanita muslimah adalah mengetehaui dan memahami bagaimana berpakaian, berhijab, jilbab atau kudung yang sesuai dengan syari’at Islam, tidak hanya asal mengenakan dan asal terlihat keren, yang terpenting adalah kesesuaian dengan syari’at bukan persoalan bagus atau tidak untuk dikenakan.

Muslimah bebas memakai pakaian yang mereka sukai asal dengan syarat sesuai dengan syari’at, begitu juga dalam menutup kepala, muslimah bebas mau memakai kerudung, hijab, jilbab atau apapun istilahnya bebas silahkan dengan catatan pakailah kerudung, hijab ataupun jilbab yang syar’i.

Semoga bermanfaat, Allahu ‘alam.

Kontributor kolom wanita beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.