Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Yang Tidak Disadari

0
886

Beritalangitan.com – Kebutuhan ibu hamil dari hal penyediaan nutrisi sampai kebutuhan lainnya harus dipenuhi. Bagi pasangan baru tentu harus mengetahui beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kesehatan janin menjadi nomor satu dimana kesehatannya juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh ibu. Meski banyak nutrisi dari susu dan beberapa vitamin lain, banyak ibu hamil lebih memilih mengkonsumsi buah-buahan dan makanan dari bahan alami untuk menghindari efek kimia pada janin.

Satu buah yang saat ini menjadi solusi dalam pemenuhan gizi adalah kurma. Manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata sangat penting dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari untuk menjaga kesehatan janin. Lalu apa saja manfaat kurma bagi ibu hamil? Berikut Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil :

  1. Mampu Menambah Energi

Buah kurma mengandung zat gula atau glukosa yang sangat baik bagi kondisi tubuh. Energi dihasilkan dari konsumsi gula alami dari buah dan nantinya selama ibu hamil beraktivitas tidak kekurangan energy. Konsumsi kurma pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan energy tubuh.

  1. Bermanfaat Dalam Merangsang Syaraf

Di dalam buah kurma terdapat kandungan zat kalium yang bisa merangsang kinerja syaraf. Maka dari itu tidak hanya bagi ibu hamil, kurma sangat baik untuk pemulihan kerusakan syaraf. Tidak hanya itu saja, kurma bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam memori otak. Bagi janin, kurma sangat penting untuk membentuk rangsangan pada otak agar lebih cerdas.

  1. Menambah Kuat Tulang

Mengkonsumsi kurma secara rutin bisa membuat tulang bertambah kuat. Pada saat bayi tumbuh tentu saja kondisi tulangnya masih rapuh, maka dari itu dengan mengkonsumsi kurma kondisi tulang pada bayi akan semakin kuat. Bisa jadi konsumsi kurma bisa menggantikan peran dari susu. Namun, tidak sepenuhnya harus lepas dari susu, Anda bisa mengimbangi dengan konsumsi susu dan kurma. Manfaat kurma untuk ibu hamil juga harus memperhatikan konsisi pertumbuhan tulang.

  1. Membantu Pembentukan Gigi

Selain bisa menambah kuat tulang, manfaat dari konsumsi kurma adalah bisa membantu pertumbuhan gigi. Manfaat kurma untuk ibu hamil sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan gigi pada janin. Jadi sangatlah penting mengkonsumsi buah kurma secara rutin.

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan darah atau anemia saat hamil bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi kurma setiap hari. Asupan gula dalam buah kurma mampu mengatasi gejala anemia, jadi tidak berbahaya bagi janin. Terlalu lelah dalam kegiatan aktivitas sederhana sekalipun bisa menyebabkan anemia, maka dari itu Anda harus rutin-rutin mengkonsumsi kurma.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat dari buah kurma untuk ibu hamil adalah menjaga kesehatan pencernaan. Ibu hamil sangat rentan terjadi gangguan pencernaan, salah makan saja bisa mengakibatkan terganggunya proses pencernaan. Maka dengan sering makan buah kurma sistem pencernaan bisa lebih baik dan sehat.

Manfaat kurma untuk ibu hamil memang bisa dijadikan cara untuk menjaga keseahtan serta pencernaan. Masih belum banyak ibu hamil yang mengetahui manfaat dari buah kurma. Maka dari itu sangat penting untuk tahu lebih dalam mengenai buah kurma. Meskipun tekstur dari buah kurma berbeda dari lainnya, namun khasiat dari buah berukuran kecil ini jangan dianggap remeh.

Buah yang tenar di bulan Ramadhan tersebut bisa jadi menu makanan sehari-hari bagi ibu hamil. Agar manfaat kurma untuk ibu hamil bisa diserap maksimal oleh tubuh maka perlu menambahkan nutrisi lainnya seperti susu.

 

Sumber : muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.