Nasihat Islam untuk Para Akhwat

0
1018

Beritalangitan.com – Wahai ukhti kerjakanlah!, inshaAllah engkau akan berbahagia dunia dan akhirat,  minta tolonglah kepada Allah dalam mengamalkannya.

Pertama, Beribadahlah kepada Allah semata, sesuai dengan apa yang telah diisyaratkan, di dalam Al Qur’an dan Al hadits.

Kedua, Hati-hatilah terhadap syirik dalam aqidah dan ibadah, sebab syirik menggugurkan amal dan menyebabkan kerugian.

Ketiga, Hati-hatilah terhadap bid’ah, baik dalam aqidah maupun dalam ibadah, sebab setiap bid’ah adalah sesat dan orang-orang yang sesat adalah (tempatnya) di dalam neraka.

Keempat, Jagalah shalat dengan sempurna, sebab orang yang selalu menjaga shalatnya, ia akan lebih menjaga dalam hal lainnya, dan orang yang meremehkan shalat, ia akan meremehkan hal lainnya juga. Jagalah kesucian, thuma’ninah, I’tidal, serta khusyu dalam shalat, janganlah sampai engkau mengakhirkan waktunya, sebab seorang hamba bila shalatnya baik, maka seluruh amal perbuatannya baik, sebaliknya bila shalatnya rusak (tidak baik) maka amal perbuatannya juga rusak (tidak baik).

Kelima, Ta’at kepada suami, jika sudah berumah tangga, jangan sekali-kali menolak keinginannya, dan melanggar perintahnya, selama tidak menyuruh berbuat maksiat dan dosa.

Keenam, Jagalah suamimu, jika dia tidak ada bersamamu dan ketika ia berada disisimu. Jagalah dirimu dan hartanya.

Ketujuh, Berbuat baiklah kepada tetanggamu dengan perkataan dan perbuatan sebagai balas budi dan menolak keburukan.

Kedelapan,  Menetaplah di rumahmu, jangan keluar kecuali dalam keadaan darurat, dan menutup aurat (berjilbab).

Kesembilan, Berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu dengan perkataan dan perbuatan selama mereka menyuruhmu dalam kebaikan, jika mereka menyuruhmu berbuat maksiat, maka tidak boleh ta’at kepadanya, sebab tidak ada keta’atan dalam maksiat kepada Allah.

Kesepuluh, Curahkan perhatianmu terhadap pendidikan anakmu, bagi yang sudah mempunyai anak, dengan membiasakan mereka jujur, bersih, benar dalam perkataan dan perbuatan, serta dengan mengajarkan kepada mereka adab yang tinggi / mulia dan akhlak yang terpuji. Suruhlah mereka shalat lima waktu bila sudah berusia 7 tahun, dan bila mereka meninggalkannya pada usia 10 tahun, maka pukullah mereka serta pisahkan tempat tidurnya (antara laki-laki dan perempuan).

Kesebelas, Perbanyaklah dzikir dan sedekah / infak. Semoga Allah menjagamu dari setiap kejahatan dan menganugerahkan kepada kita husnul khatimah.

Semoga kita selalu beristiqomah dan bisa melaksanakan kesebelas nasihat tersebut dengan penuh keikhlasan. (NK)

Oleh : Firman Santosa

Sumber: Akhbarislam.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.