Sudah Tahukah Kamu,Cara Berdandan Menurut Islam ?

0
805
Ilustrasi

Beritalangitan.com – Perempuan mana yang tidak ingin terlihat cantik dan mempesona? Karena itu, tidak heran para wanita mencari cara untuk selalu tampil cantik dan mempesona. Salah satu cara yang sering dilakukan para wanita adalah dengan berdandan dengan motivasi untuk mempercantik dan menutupi kekurangan wajah. Namun tidak sedikit yang melakukannya untuk menarik lawan jenis. Yah, hal ini sah-sah saja bagi seorang perempuan untuk melakukan hal ini. Namun, dari sudut pandang Islam? Bagaimana hal ini harus ditanggapi? Mari kita simak  cara berdandan menurut islam dan kita lihat rambu-rambu yang wajib diperhatikan.

Berdandan Yang Sensual

Yang dimaksud berdandan menurut Islam di sini adalah yang tidak mengundang syahwat. Seorang wanita lajang berdandan yang berlebihan tidak diijinkan di dalam Islam karena hal ini akan membahayakan dirinya dan keselamatannya. Dalam (QS. Al-Ahzaab:59), Allah telah memerintahkan manusia (wanita) untuk memakai pakaian yang menutup aurat agar mudah dikenali dan sebagai pelindung kaum wanita dari kejahatan. Hal ini adalah bentuk kasih sayang Yang Maha Kuasa untuk melindungi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dilarang Bersolek Seperti Di Jaman Jahiliyah

Lebih lanjut lagi dalam (QS. Al-Ahzaab: 33) kita sebagai seorang muslimah dilarang melakukan hal-hal yang bersifat tabarruj yakni dengan bersolek dan berhias seperti wanita-wanita di jaman Jahiliyah. Salah satu yang termasuk dalam tabarruj di sini adalah berkerudung (khimar) akan tetapi kerudungnya tidak secara sempurna menutupi seluruh bagian tubuh sehingga anting, leher serta kalungnya masih terlihat.

Berpenampilan seperti lelaki

Allah melarang seorang wanita berperilaku dan berpenampilan seperti lelaki. Hal ini termasuk dengan memotong rambut pendek menyerupai seorang lelaki. Kita sebagai seorang perempuan sudah sepantasnya berdandan selayaknya seperti yang dikodratkan. Rasullullah bersabda bahwa Allah akan melaknat wanita yang berpenampilan menyerupai lelaki. (HR. AL-Jami ash-Shaghir).

Memakai Wewangian

Wewangian merupakan hal-hal yang mengandung syahwat dan ini sangat berbahaya bila dipakai perempuan selain di depan suami. Karena itu, Islam melarang seorang perempuan memakai wewangian yang berlebihan. Menghindari bau badan memang syah-syah saja agar orang lain tidak terganggu, namun wewangian yang menyengat sangat membahayakan keselamatan kita.

Mencabut Alis

Adab berdandan menurut islam yang lainnya adalah dilarang mencabut alis. Allah telah menggariskan apa-apa yang ada di dalam tubuh kita dengan penuh manfaat dan maksud. Mencabut alis sama saja menyalahi kodrat yang telah diberikan oleh Allah. Keterangan dan penjelasan tentang larangan memperindah dan merubah apa-apa yang diberikan oleh Allah ini sudah dijelaskan di dalam HR. Al-Jami ash-Shaghir. Mengubah susunan gigi dengan tujuan memperindah dan mempercantik tidak diindahkan dalam Islam. Namun, bila hal ini dimaksudkan untuk kesehatan, karena kita susah makan misalnya, hal ini tentu saja diperbolehkan asalkan tidak terlalu berlebihan.

Menyambung rambut

menyambung rambut merupakan salah satu hal yang dilaknat Allah. penjelasan tentang menyambung rambut ini ada di dalam Hr. Al-Jami’ ash-Shaghir.

Untuk itu, tidak seharusnya kita sebagai umat muslim melebih-lebihkan sesuatu sebab Allah melarang seorang wanita berbuat yang terllau berlebihan. Apa lagi bersolek, hal ini ditujukan untuk menghindari adanya bencana yang mengancam keselamatan jiwa kita. Allah menciptakan sesuatu, melarang dan memerintahkan sesuatu tidak lain dan tidak bukan untuk kebaikan kita. Wahai kaum muslimah yang berbahagia, mari kita selalu berdoa agar terhindari dari hal-hal keji dan mungkar. Mari kita berdandan menurut Islam. (st)

Sumber : muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.