Ukhti, Jauihilah Sifat Seperti Ini !

0
1165
(Gambar: Ilustrasi)

Oleh: Khansa Altafunnisa 

Beritalangitan.com – Semua laki-laki pasti menyukai wanita cantik. Namun apakah ukhti tahu bahwa kecantikan saja tidak cukup bagi seorang wanita? Karena secantik apapun wanita jika mempunyai sifat- sifat jelek dibawah ini dia akan terlihat jelek dihadapan suaminya.

“Dan sesungguhnya akhlak tercela merusak amal sholeh sebagaimana cuka merusak madu” (HR Thabrani. Dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam As Shahihah no 907).

Inilah beberapa sifat yang harus dijauhi oleh muslimah:

Pertama, wanita yang setiap waktu selalu mengadu atau mengeluh, wanita yang tidak bisa mengatur hidupnya dengan baik, penuh dengan masalah, selalu membesar-besarkan masalah akan terlihat jelek di depan seorang pria baik-baik.

Kedua, wanita yang bangga akan dirinya dan selalu merasa lebih baik dari orang lain, sebenarnya sifat ujub atau merasa dirinya lebih baik dari orang lain tidak hanya jelek bagi wanita, tapi bagi semua orang. Wanita yang selalu bangga dan merasa dirinya paling baik biasanya tidak pernah mau belajar untuk memperbaiki diri, ujungnya sifat sombonglah yang akan melekat pada dirinya.

Ketiga, wanita yang terlalu suka berdandan siang dan malam hanya mengurusi kecantikannya dari pada kewajibannya. Berdandan untuk kesenangan suami memang perlu, tapi jangan berlebihan.

Keempat, wanita pemarah sangat tidak disukai, bukan hanya oleh pria sholeh, tapi juga oleh sesama wanita. Secantik apapun wajahnya, jika pemarah akan terlihat buruk, kecantikannya tenggelam dalam sifat buruknya.

Kelima, wanita yang bodoh dan malas. Jika seorang wanita tidak mau belajar dan mencari ilmu , bagaimana dia akan mendidik anak-anaknya kelak? Bukankah sekolah yang paling pertama dan utama bagi anak-anak adalah rumah mereka sendiri? Wanita cerdas adalah dambaan suami dan para pria yang shalih . Mereka tidak akan ragu menitipkan anak-anaknya pada istri yang cerdas saat pergi untuk mencari nafkah.

Ingatlah ukhti, Rasulullah Saw. bersabda : Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. (HR. Muslim).

Semoga kita tidak termasuk salah satu dari sifat-sifat diatas “Amiin”.

Penulis Kolom Wanita Beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.