Ali Badzri, Sosok Pemimpin Sederhana Dibalik Sukses Baznas Sumedang Raih Juara Nasional

0
1413
Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, Ali Badzri.

Sumedang, 22/04 (beritalangitan.com) – Baznas Sumedang yang dinobatkan menjadi juara nasional dan banyak menjadi rujukan lembaga-lembaga lain dalam hal pengelolaan zakat dan transparansi, tidak lepas dari kiprah ketuanya yang sederhana namun memimpin secara totalitas, Ali Badzri.

Budaya kebersamaan yang diterapkan di lingkungan kantornya, menjadi motivasi pengurus Baznas tetap bersemangat menjalankan tugasnya sebagai amilin yang amanah. Itulah salah satu kiat yang selalu ditanamkannya kepada seluruh pengurus Baznas Kabupaten Sumedang.

“Apapun dikerjakan bersama, masalah apapun dirundingkan bersama” ujar Ali Badzri ketika diwawancarai team beritalangitan.com disela-sela kegiatan rutin dikantornya, Jl. Kutamaya No.7 Sumedang, Rabu (20/04).

Untuk menjaga rasa kebersamaan itu, hal-hal kecil rutin dilaksanakan seperti makan bersama. “Setiap selasa kita makan bersama, walaupun menunya sederhana, ga mewah-mewah” terangnya sambil tersenyum.

Tidak bosan-bosannya Ali Badzri mengingatkan pada staffnya bahwa hendaknya motivasi yang dibangun dalam bekerja adalah ibadah. Sehingga pelayanan kepada masyarakat selalu atas dasar ibadah.

Sedangkan prinsip yang diterapkan dalam menjaga profesionalisme Baznas Sumedang dalam mengelola zakat ummat adalah amanah, karenanya semua petugas harus mampu mencatat dengan baik semua titipan zakat yang masuk, transparan dalam pendistribusiannya dan akuntabel. “Artinya siapapun berhak tau berapa uang yang didapat dan dipakai kemana” ujarnya menegaskan.

Sejak awal Baznas Kabupaten Sumedang selalu mengedepankan pola komunikasi yang efektif dan kontinyu kepada masyarakat, tokoh agama, organisasi dan pemerintah daerah dan meyakinkan mereka bahwa yang terpenting adalah zakat yang telah terhimpun ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat dan sekaligus  membantu program pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan, meningkatkan taraf hidup masyarakat baik dibidang kesehatan dan juga pendidikan.

Tercatat setiap tahun pendapatan Baznas dari zakat terus meningkat, seperti zakat fitrah tahun kemarin terkumpul19,5M, zakat maal 6,5M dan infaq/shodaqoh 400Jt setahun. Hal ini membuktikan tingkat kepercayaan masyarakat Sumedang yang 95% muslim ini cukup besar. (Yd/Cv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.