IMZ Dompet Dhuafa gelar Konferensi Zakat se-Asia Tenggara di Bandung

0
1339
Sesi konferensi Pers ditengah berlangsungnya acara South East Asia International Islamic Philanthropy Conference, di Hotel Golden Flower Bandung, Jum’at (26/02).

Bandung, 27/02 (beritalangitan.com) – Institut Management Zakat (IMZ) Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Center for Islamic Philanthropy and Social Finance (CIPSF) UiTM Malaysia menyelenggarakan konferensi Internasional yang membahas tentang perkembangan tata kelola zakat dan wakat di regional Asia Tenggara di Hotel Golden Flower Jl. Asia Afrika 15-17 Bandung, dari tanggal 25 hingga 27 Februari 2015.

Perhelatan pegiat ZISWAF Asia Tenggara ini diikuti oleh 58 penulis paper penelitian tentang philanthropy Islam baik praktisi, peneliti, akademisi kampus pemerhati philanthropy lintas negara baik di Indonesia, Malaysia dan Filipina.

“Memperkuat Tata Kelola Zakat dan Wakaf” jadi tema utama konferensi kali ini dan tujuan yang hendak dicapainya adalah mengidentifikasi tingkat tata kelola zakat dan wakaf di regional Asia Tenggara, merancang terbentuknya South East Asia Islamic Philanthropy Association (SIPA), berbagi pengalaman dalam pengelolaan zakat dan wakaf diantara pegiat di Asia Tenggara dan membangun jaringan dan sinergitas organisasi serta pemerintah di Asia tenggara.

2
Suasana saat berlangsungnya Konferensi.

Konferensi yang dihadiri Direktur Pemberdayaan Zakat Kementrian Agama Indonesia, Dr. H. Tarmidzi MA. Sebagai salah satu keynote speaker mengatakan bahwa bentuk dukungan pemerintah adalah dengan memperkuat aturan-aturan yang telah ada agar potensial zakat dan wakaf bisa optimal, selain itu kementrian menghimbau agar stuktur managemen lembaga pengelola zakat harus profesional.

“Khusus wakaf, perlu ditingkatkan ilmu dan skill para Nadzir (penerima wakaf) melalui pelatihan-pelatihan agar tanah wakaf itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin” ungkapnya.

Agenda hari terakhir konferensi diadakan kunjungan ke Baznas Sumedang sebagai peraih Zakat Award 2015 dalam rangka apresiasi terhadap prestasi pengelolaan zakat dan pembelajaran bencmark bagi masyarakat zakat Asia Tenggara serta Internasional.

Acara ini didukung sepenuhya oleh lembaga-lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa, Wakaf Al-Azhar, Baznas Provinsi Jawa Barat dan Baznas Kabupaten Sumedang. (Yadi/Didi/Blc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.